Bintang VioLetta: baNgkai kapaL kuNo abad -14 di temuin d MENTAWAI

Kamis, 16 Desember 2010

0

baNgkai kapaL kuNo abad -14 di temuin d MENTAWAI


Bangkai Kapal Kuno di Mentawai


Ilustrasi bangkai kapal kuno. Foto: kompas/rpmnational foundation

Teman-teman, ada kabar seru nih! Baru-baru ini nelayan di Pulau Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat menemukan bangkai kapal kuno, lho!

Di kapal kuno itu terdapat barang-barang antik yang diperkirakan peninggalan abad ke-14! Semuanya terseret ke perairan pantai karena gelombang Tsunam i tanggal 26 Oktober 2010 lalu.

Waah.. pasti asyik banget ya, nemu bangkai kapal kuno!

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat, Ir Yosmeri , kapal itu ditemukan secara tdak sengaja oleh nelayan yang sedang menyelam mencari ikan hias di perairan laut pesisir Pulau Sandiang, Kecamatan Pagai Selatan, Mentawai.

"Panjang kapal kuno itu 20 meter. Meski sudah lama ada di dalam laut, satu tiang utama kapal tersebut masih utuh! Dan di dalamnya terdapat keramik dan kendi-kendi kuno peninggalan Dinasti Sun China abad ke-12 sampai ke-14."

Pak Yosmeri bilang, diduga bangkai kapal kuno itu sebelumnya tenggelam di dasar laut Samudera Hindia, tapi kemudian terseret gelombang Tsunami ke perairan Laut Pagai Selatan , dan terdampar di bawah laut sekitar P. Sandiang.

Nah, berarti koleksi barang antik peninggalan arkeologi dan kepurbakalaan Indonesia bertambah lagi, deh! Semoga bisa dirawat dengan baik, ya

0 komentar:

Posting Komentar